Tips Melakukan Perjalanan Solo Menggunakan Kereta Luar Kota

Berpergian menggunakan kereta adalah hal yang sudah umum di Indonesia. Apalagi mudik. Sudah dari sebulan sebelumnya, sebagian besar tiket kereta sudah ludes. Nah malam ini saya mau kasih tips sederhana berdasarkan pengalaman saya naik kereta luar kota, terutama yang sendirian aka jomblo kayak saya.

Pertama, jaga barang-barang dengan baik. Usahakan membawa satu tas. Maksimal dua tas. Hal ini untuk mempermudah kita mengawasi barang-barang yang kita bawa. Semakin ringkas, barang yang kita bawa, maka semakin mudah kita membawanya dan mengawasinya.

Jika barang kita tertinggal karena lupa, belum tentu akan kembali. Beda seperti beberapa pengalaman teman saya yang berpergian naik kereta di luar negeri seperti Jepang. Saat mereka ketinggalan sesuatu barang di kereta atau stasiun, 99% barang mereka kembali. Selain kesadaran tidak mengambil hak milik orang lain yang sudah tinggi. Petugas keamanan juga memberikan penjagaan dan pelayanan yang baik.

Kedua, jangan titipkan barang ke orang yang tidak kenal. Jika ingin aman, titipkan ke petugas keamanan. Kita tidak tahu orang yang baru kita kenal itu jujur atau tidak. Kemudian, jika Ia tiba-tiba harus pergi, maka bisa saja barang kita ditinggal begitu saja.

Ketiga, belilah tiket secara online. Ini untuk mempemudah kita saat ingin berpergian. Pembelian tiket online, menghemat banyak hal: waktu, tenaga, dan uang. Sekarang sudah banyak penjual tiket online untuk kereta. Bahkan bukan hanya kereta, kita bisa pesan hotel juga disitu.

Inilah tiga tips sederhana dari saya untuk berpergian solo menggunakan kereta, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s