InsyaAllah Sah: Film Islami Bergenre Komedi Tayang Lebaran

Bingung liburan lebaran mau ngapain? Nah di tanggal 25 Juni akan tayang film Indonesia terbaru, InsyaAllah Sah. Film ini bergenre Islami dan komedi yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Achi TM.

Kebetulan di tanggal (5/6) kemarin, saya berkesempatan ikut acara Meet and Greet dengan pemain InsyaAllah Syah (Panji Pragiwaksono dan Donita) serta penulis novel (Achi TM).

insyaallah-syah.jpg
Dari Kanan: Panji, Donita, Achi TM. Donita menjelaskan, bahwa shooting bareng Raka (Panji) merupakan cobaaan hidup. (dokpri).

Ada Rendang di Balik Laptop

Achi TM menjelaskan tentang kisah perjalanannya menulis novel InsyaAllah syah. Ia merupakan penulis aktif selain sudah menulis 20 an novel, Ia juga menulis skenario untuk beberapa stasiun televisi nasional.

Suatu waktu Achi TM bosan akan profesinya menjadi penulis. “Udah ah gak mau nulis lagi”, katanya. Namun kemudian Ia mendapatkan undangan untuk mengisi pelatihan menulis di Universitas Andalas. Di pelatihan itu Ia menyemangati para peserta untuk menulis, sedangkan dia sedang pada masa ingin berhenti menulis.

“Mungkin Allah ingin memberikan pelajaran kepada saya,”katanya. Sepulangnya dari kegiatan pelatihan, ada musibah menimpanya. Ia kehilangan tas dan laptop yang merupakan barang berharganya. Di laptop itu banyak tersimpan ‘harta karun’ (tulisan-tulisannya). Akhirnya Ia bernazar jika laptop itu ketemu, Ia akan menulis novel Islami.

Dalam beberapa jam kemudian doa itu langsung di jawab, laptopnya ketemu dan diamankan oleh petugas Bandara. Sewaktu ingin mengambil tas dan laptop itu, ia ditanya berbagai hal oleh petugas. Apa merk laptopnya, apa warnanya, apa saja isi laptopnya? Selain laptop ada barang apa saja di tas laptop selain laptop?

Pertanyaan terakhir ini yang membuat Achi TM berpikir keras untuk mengingat memori tersebut. “Oiya ada rendang tiga buah di dalam tas laptop”, ingatnya. Kemudian petugas menghitungnya dan benar ada tiga buah. Selamat mba Achi, tas dan laptopnya kembali kepangkuanmu.

Membayar Nazar

insyaallah sah
Novel InsyaAllah Sah! (gramedia.com)

Sesuai dengan nazarnya yang sudah ia ucapkan, akhirnya Achi TM pun menulis novel Islami dan sudah diterbitkan.

Awalnya, tidak ada keinginan novel ini untuk difilmkan. Karena setelah menulis banyak novel, belum pernah ada yang difilmkan. Padahal di novel-novel sebelumnya Ia berharap akan ada satu novel yang di film kan. Bahkan ada satu novel yang Ia adakan launching besar-besaran, namun ternyata tidak ada juga PH yang melirik.

Ketentuan Allah itu pasti. “Allah akan membalas bagi hambanya yang mau berusaha”,ujarnya. Novel InsyaAllah Syah ini ternyata di lirik oleh MD Pictures.

Dibalik Layar InsyaAllah Syah

Panji yang memerankan tokoh Raka menjelaskan bahwa dirinya harus melakukan riset dan observasi dulu untuk memerankan tokoh Raka. Untuk cara berbicara, ia bertemu dengan Pidi Baiq serta AA Gym. Untuk rambut yang pas, ia sering gonta-ganti poni, rambutnya yang agak panjang juga di potong.

img20170605170641.jpg
Raka (dokpri).

Beberapa hari sebelum shooting saat Panji bertemu dengan para kru ataupun pemain film, Ia harus berperan sebagai Raka. Saat kemarin saya Meet and Greet, karakter Raka terlihat sangat menyatu dengan dirinya Panji.

Bule Salah Ucap

Ada kejadian saat shooting film, yaitu ketika Dion (Kyle) sedang memerankan adegan marah kepada Raka. Kyle sebagai bosnya yang ingin memecat Raka berucap ‘Oke mulai sekarang kamu saya ciputat!!!’ 

Kebayang gak kocaknya kejadian itu? Kata Panji dan Donita, karena seringnya si Kyle salah ucap, sebelum shooting Ia berlatih sangat keras.

Donita menjelaskan banyak adegan-adegan yang percakapannya di luar script. Mas Beny selaku sutradaran pun ternyata tidak meng-cut adegan tersebut.  Saat shooting adegan mengalir begitu saja. Saat ada adaegan yang di luar script dan ternyata lebih lucu, ada yang diambil sebagai bagian film. Jadi pembuatan film ini bisa dibilang tidak kaku.

Shooting film ini berlangsung selama 3 minggu. Script fim ditulis oleh Beny Setiawan selaku sutradara yang berdasar dari novel InsyaAllah Sah.

Sinopsis InsyaAllah Sah

Film ini bercerita tentang kehidupan Silvi (Titi Kamal) yang terjebak di dalam lift bersama Raka (Pandji P). Saat terjebak di lift Silvi bernazar akan menjadi wanita yang sholehah, tidak minum-minuman keras, akan menyumbangkan sebagian hartanya ke anak yatim

Raka adalah seorang pemuda religius yang aneh dan menyebalkan. Panji (pemeran Raka) menjelaskan, tujuan Raka sebenarnya sederhana, hanya mengingatkan Silvi untuk membayar nazarnya.

Silvi yang judes dan ceplas-ceplos secara terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap kehadiran Raka. Bersama dengan Dion (Richard Kyle) kekasih Silvi, mereka berhadapan dengan Raka yang selalu muncul dan menyebalkan.

Apa yang sebenarnya terjadi di hidup Silvi? Akankah Silvi menuntaskan nazarnya? Bagaimana aksi konyol Raka meneror Silvi?

Penasaran Akan Filmnya?

Nonton aja nanti ya di bioskop kesayangan kamu. Saya juga mau nonton nanti. Oiya selain bintang utama diatas, ada juga nama artis-artis besar yang menjadi cameo film ini seperti Deddy Mizwar, Prilly Latuconsina, Tanta Ginting, Lidya Kandou dan lain-lain.

Yuk kita dukung film-film Indonesia!

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s