Tale of a Lake: Film Tentang Kehidupan Seribu Danau

Finlandia. Apa yang pertama kali tergambar di bayangan kamu tentang negara ini? Negara yang terletak di bagian utara Eropa ini ternyata memiliki julukan negara seribu danau. Jumlah tepatnya adalah 187.888 danau. Saimaa adalah danau terbesar yang terdapat disana dan merupakan danau terbesar ke-5 di Eropa.

Tale of a Lake

Selasa kemarin (9/5), saya berkesempatan mampir ke Erasmus Huis di bilangan Kuningan, Jakarta untuk menghadiri Festival Film Eropa (Europe on Screen). Melalui media film dokumenter yang berjudul Tale of a Lake, saya melihat keindahan dan kehidupan danau Finlandia beserta cerita legenda yang ada di dalamnya.

Film ini menggambarkan bagaimana siklus air di Finlandia. Saat musim dingin, kita dapat melihat bagaimana salju turun begitu lebat, kemudian danau berubah menjadi daratan es. Di tempat-tempat tertentu, kita juga dapat melihat es yang berbentuk seperti stalaktit dan stalakmit dalam goa. Saat musim semi datang, es mulai mencair hingga musim panas tiba.

Tale-Of-a-Lake-2016 for jby
Kehidupan dalam danau (pict: europeonscreen.org)

Hewan Liar

Tale of a Lake membawa saya pada petualangan alam bebas yang indah, mulai dari jernihnya air pegunungan yang menuju cekungan danau hingga kehidupan hewan-hewan liar disana. Anjing laut cincin Saimaa, satu dari tiga spesies anjing laut di dunia. Keberadannya hanya ada di danau Saimaa di tenggara Finlandia dan hanya tersisa 300 ekor saat ini. Hewan ini menjadi menjadi logo Asosiasi Konservasi Alam Finlandia.

Saat musim semi berbagai jenis burung mulai berdatangan dan ramai berkumpul saat musim panas. Black throated loon, salah satu burung yang hidup di sekitar danau. Burung aquatik ini biasa ditemukan di wilayah utara bumi dan hidup berpindah-pindah saat musim tertentu. Sebuah keluarga White Tailed Eagle (Elang Ekor Putih) juga berada di sarangnya.

Berbagai kejadian menarik terekam dalam film. Seperti proses tumbuh kembangnya capung dari telur, menetas, jadi larva, nimfa, mengelupaskan kulitnya dan menjadi capung dewasa kemudian kawin dan kembali bertelur. Begitu juga dengan nyamuk. Proses kehidupan kedua serangga ini menarik, saat kecil menjadi penyelam, saat dewasa menjadi penerbang. Namun keduanya kurang bersahabat karena nimfa capung memakan jentik-jentik nyamuk.

H8FWs for jby
Uniknya aktifitas hewan liar di danau Saimaa (pict: finkinno.fi)

Perilaku Unik

Saat musim dingin ada kodok yang mencoba berjalan diatas salju es. Dia tidak melompat, tetapi berjalan merangkak kedinginan. Di dalam air, ada kodok yang saling bergulat layaknya petarung Ultimate Fighting Championship (UFC). Mereka bertarung untuk memperebutkan sang kekasih.  Udang galah juga saling bertarung untuk memperebutkan ikan mati. Dengan capitnya yang tajam dan keras, mereka bertarung layaknya para samurai.

JarvenTarina_pressi3-765 for JBY
Proses pengambilan gambar pembuatan film Tale of a Lake (pict: goodnewsfinland).

Musik Ciamik

Alunan musik orkestra melengkapi indahnya kehidupan danau di Finlandia. Saat Water strides (Anggang-anggang) sedang menggerakkan kakinya dengan alunan musik yang pas, anggang-anggang terlihat seperti menari mengikuti nada.  Perilaku-perilaku pada beruang, anjing laut, kupu-kupu, burung elang, berang-berang dan hewan-hewan lain menjadi kisah yang menarik untuk dilihat. Emosi saya terbawa kisah dan alunan lagi yang membuat saya serius, terkesima dan juga tertawa. Tak heran jika film ini mendapatkan penghargaan Best Music di Jussi Awards teahun 2017 (Penghargaan Industri Film Finlandia).

aaltio1
Kanan: Panu Aaltio, Komposer musik di film Tale of a Lake, mendapatkan penghargaan dari International Film Music Critics Association Award untuk Best Original Score for a Documentary (pict: filmmusiccritics.org)

Doku Terbaik

Film ini merupakan film dokumenter terbaik tentang kehidupan alam bebas yang pernah saya tonton. Pengambilan gambarnya yang apik dari berbagai sisi, musiknya yang ciamik serta adanya pengetahuan mengenai cerita mitologi seputar tanah seribu danau – Ahti, Vellamo, Ajatar, dsb.

Melalui film dokumenter ini, saya bukan hanya belajar mengenai alam, tetapi juga menyentuh kepedulian saya untuk menjaga alam.

-Saimaa. The cycle of water will continue. Old friends are waiting to the spring.-

Jika ingin menonton film ini, masih akan tayang di Institut Francais Indonesia (IFI) di Thamrin, tanggal 14 Mei 2015, pukul 12:00 WIB. Jadwal film lainnya bisa cek disini.

Tulisan ini juga saya pos disini.

Data Film

Judul                                  : Tale of A Lake
Judul Asli                         : Järven Tarina
Jenis Film                         : Dokumenter
Durasi                               : 76 Menit
Sutradara                        : Marko Röhr dan Kim Saarniluoto
Penulis                              : Marko Röhr dan Antti Tuuri
Produser                          : Hanna Järvinen (Line Produser) dan Marko Röhr (Produser)
Cast                                    : Samuli Edelmann (Narator), Jonathan Hutchings (Narator Versi Bahasa Inggris), Johanna Kurkela (Nyanyi)
Musik digubah oleh      : Panu Aaltio
Sinematografi                : Teemu Liakka
Perusahaan Produksi  : Matila Röhr Production
Negara                              : Finlandia
Bahasa                              : Versi Finnish dan Versi English

Trailer Tale of a Lake

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Nadella says:

    Saya suka nih, film2 yang begini, menambah pengetahuan dan wawasan

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s