Film Cinta bergaya Science Fiction

Setelah menonton Arrival saya menjadi sadar bahwa film ini sebenarnya film cinta yang dipenuhi science fiction. Alien, menjadi sosok utama yang memberikan warna science fiction di film ini.

Uniknya, kehadiran Alien tidak lagi berbentuk seperti manusia, tetapi lebih mirip gurita yang berkaki tujuh (heptapod). Model pesawat alien juga tidak lagi berbentuk piringan (UFO). Pesawat ini berbentuk elips yang terbagi dua, berwarna hitam seperti batu namun mempunyai komposisi yang tidak dikenal.

Komunikasi Alien dan Manusia

Para pemimpin negara dan tentara ingin mengetahui apa maksud kedatangan Alien ke bumi. Dr.Louise Bank’s (Amy Adams) yang merupakan ahli komunikasi dan penerjemah bersama Dr Ian Donnelly (Jeremy Renner)  sebagai ahli fisika ditugaskan oleh Colonel Weber (Forest Whitaker) mencoba memecahkan permasalahan ini.

Alien dan manusia mempunyai komunikasi yang berbeda. Tetapi bukan tidak mungkin tidak bisa berkomunikasi. Setelah gagal dengan cara lisan, Louise mencoba mengajarkan dengan tulisan. Alien pun membalasnya dengan bentuk visual. Setiap visual yang ditampilkan Alien, dikumpulkan oleh Louise dan Ian, kemudian mereka analisis. Sempat terjadi salah paham saat menerjemahkan bahasa Alien.

Alien mencoba menawarkan senjata kepada setiap negara untuk melakukan perang. Cina sebagai negara Adidaya baru, langsung bersikap agresif. Rusia Sudan dan beberapa negara lainnya mencoba mengikuti apa yang dilakukan Cina. Penyerangan terhadap alien tidak terhindarkan. Amerika pun sempat ingin mencoba melakukan serangan itu. Namun Louise berusaha untuk mencoba menghindari itu. Dia berusaha dengan segenap usahanya untuk mencari maksud yang benar, mengapa alien ini datang ke bumi.

Usaha yang keras mulai membuahkan hasil. Ian menemukan titik cerah dari berbagai visual yang diberikan Alien. Louise mencoba mempelajari lagi. Dia akhirnya paham, bahwa yang dimaksud senjata olehnya dan oleh beberapa penerjemah lainnya di dunia, bukanlah senjata dalam arti sebenarnya. Senjata itu adalah hadiah. Namun untuk mendapatkan hadiah ada syaratnya, Alien meminta tolong kepada Louise untuk menyatukan kelompok mereka yang jatuh terpisah-pisah di bumi. Di film ini dijelaskan bahwa alien adalah penolong manusia sejak 3000 tahun yang lalu.

Louise mampu menolong para Alien ini setelah berhasil berkomunikasi dengan jenderal di Cina. Lalu apa hadiah yang didapatkan? Louise memiliki seorang suami, anak dan perdamaian dunia. Dia mendapatkan cintanya.

Propaganda

Saya mencoba merenung dan berfikir lebih dalam lagi. Menurut saya, film ini juga mengandung unsur propaganda. Cerita film ini mengisyaratkan posisi Amerika terhadap dunia sebagai negara pemersatu bangsa-bangsa dunia. Disaat semua negara mulai menyerang Alien, Amerika masih bertahan untuk menyerang, walaupun sempat terpancing.

Louise dan Ian sebagai tokoh utama, menjadi sosok pahlawan yang mampu mencegah hal itu terjadi. Keberhasilannya berkomunikasi dengan Alien dan pemimpin negara lain, menyebabkan segala penyerangan terhadap alien dihentikan. Alien bisa pergi dari bumi dan perdamaian dunia tercipta kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s